Mengajak UMKM menerapan strategi
pemasaran berbasis digital
Terbiasa sebagai seorang aktifis semasa kuliah di jogja. Terutama di STIE YKPN dan MMUGM saya pun melakukan take action, sehingga terselenggaralah seminar dengan tema Strategi pemasaran UMKM berbasis Internet (social media dan PR aprroach). Pada tanggal 10 Januari 2015, bertempat di Aula Polinas LP3I di Makasasr.
Pesertanya lumayan ada sekitar
100 peserta terdiri dari pelaku UMKM dan beberapa mahasiswa ku padahal saya
hanya butuh kurtang lebih 10 hari persiapan mulai ide itu dikembangkan sampai
dilaksanakan.
Saya pun di support oleh kepala
dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak A.M.Yamin. Dimana dua
hari sebelum acara pelaksanaan saya audiensi dengan Beliau. Salah satu bentuk
dukungan adalah mengirimkan peserta UMKM binaanya untuk ikut semiinar tersebut.
bersama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Prov Sulsel |
Nah biar tambah keren lagi, saya minta saudara Tedi Hendratno, seorang anak muda yang aktifitas sehariannya adalah Even Organizer dan Public Relation Agency. Ilmu yang diajarkannya adalah bagiamana aktifitas Public Relation itu diterapkan bagi UMKM dengan pemanfaat Social Media.
Bagi pelaku UMKM sebenarnya dua
hal tersebut adalah tidak memerlukan banyak biaya. Pemanfaatan social media dan
PR adalah aktifitas yang sekarang digunakan perusahan besar dalam promosi
produk dan peningkatan strategy Brand, yang istilah orang pemasarn “low cost
Hight Impact”.
Salah satu strategi pemasaran
adalah pelaku UMKM dapat membuat akun twiter sebagai chanel promosi dan
distribusi produknya. Selain itu dengan twiteer juga dapat dimanfaatkan UMKM
untuk mengelola relatiionship dengan costumer, dan sarana komunikasi interaktif
dengan pasar. Hal itu sangat efektif karena tidak perlu mengeluarkan budget
khusus dan besar.
Saya juga ingin berbagi, bila
tertarik dengan materi yang saya bawakan dapat menguduhnya disini. Saya
menggunakan slide share.
Saya berharap kedepan, banyak
pelaku UMKM yang menggunakan social media untuk aktifitas pemasarannya. Saya juga
lagi mengembangak riset tentang seberapa besar pelaku UMKM khususnya di
Sulawesi Selatan memanfaatkan social media untuk aktifitas pemasarannya. Dan
Apakah ini memebri konstribusi yang positif terhadap penjualan (Sales), Brand Awarness, dan loyalitas sotumer mereka.
Sekian dulu.
Salam marketing.