Minggu, Januari 11, 2015

Mengajak UMKM menerapan strategi pemasaran berbasis digital

Mengajak UMKM menerapan strategi pemasaran berbasis digital



Berawal dari keprihatinan saya bahwa masih sedikit pelaku UMKM di Sulawesi Selatan dalam menggunakan internet dalam aktifitas pemasaran mereka. Tercetuslah niat saya mengadakan seminar tentang bagaiaman pelau UMKM dapat memanfaatkan internet khususnya social media dalam aktifitas pemasarannya.  Biar lebih sedikit kesannyha serius saya beri nama UMKM Marketing dan Innovation Centre. Mudah-mudahan kelak akan menjadi lembaga yang profesional dengan visi menjadikan pelaku UMKM aware dalam penggunaan social media sebagai salah satu strategi pemasarannya.
Terbiasa sebagai seorang aktifis semasa kuliah di jogja. Terutama di STIE YKPN dan MMUGM saya pun melakukan take action, sehingga terselenggaralah seminar dengan tema Strategi pemasaran UMKM berbasis Internet (social media dan PR aprroach). Pada tanggal 10 Januari 2015, bertempat di Aula Polinas LP3I di Makasasr.
Pesertanya lumayan ada sekitar 100 peserta terdiri dari pelaku UMKM dan beberapa mahasiswa ku padahal saya hanya butuh kurtang lebih 10 hari persiapan mulai ide itu dikembangkan sampai dilaksanakan.
Saya pun di support oleh kepala dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak A.M.Yamin. Dimana dua hari sebelum acara pelaksanaan saya audiensi dengan Beliau. Salah satu bentuk dukungan adalah mengirimkan peserta UMKM binaanya untuk ikut semiinar tersebut.

bersama Kepala Dinas Koperasi dan
UMKM Prov Sulsel
Salah satu yang menjadi poin penting dari seminar ini saya menghadirkan pelaku yang berkecimpung didunia social media. Mansur Rahim, seorang penggiat social media dan blogger. Saya meminta untuk berbicara tentang social media khususnya twiteer dan facebook dijadikan senjata ampuh untuk aktifitas pemasaran.
Nah biar tambah keren lagi, saya minta saudara Tedi Hendratno, seorang anak muda yang aktifitas sehariannya adalah Even Organizer dan Public Relation Agency. Ilmu yang diajarkannya adalah bagiamana aktifitas Public Relation itu diterapkan bagi UMKM dengan pemanfaat Social Media.

Bagi pelaku UMKM sebenarnya dua hal tersebut adalah tidak memerlukan banyak biaya. Pemanfaatan social media dan PR adalah aktifitas yang sekarang digunakan perusahan besar dalam promosi produk dan peningkatan strategy Brand, yang istilah orang pemasarn “low cost Hight Impact”.

Salah satu strategi pemasaran adalah pelaku UMKM dapat membuat akun twiter sebagai chanel promosi dan distribusi produknya. Selain itu dengan twiteer juga dapat dimanfaatkan UMKM untuk mengelola relatiionship dengan costumer, dan sarana komunikasi interaktif dengan pasar. Hal itu sangat efektif karena tidak perlu mengeluarkan budget khusus dan besar.

Saya juga ingin berbagi, bila tertarik dengan materi yang saya bawakan dapat menguduhnya disini. Saya menggunakan slide share.

Saya berharap kedepan, banyak pelaku UMKM yang menggunakan social media untuk aktifitas pemasarannya. Saya juga lagi mengembangak riset tentang seberapa besar pelaku UMKM khususnya di Sulawesi Selatan memanfaatkan social media untuk aktifitas pemasarannya. Dan Apakah ini memebri konstribusi yang positif terhadap penjualan (Sales), Brand Awarness, dan loyalitas sotumer mereka.

Sekian dulu. 

Salam marketing.