Mengampuh mata kuliah marketing (pemasaran) tahun ini di
Fakultas Ekonomi UNHAS (yang tahun ini telah berganti nama menjadi Fakultas
Ekonomi & Bisnis) suatu pengalaman yang menantang dan mengaksyikkan.
Setidaknya saya bisa membuat suatu variasi belajar (istilah saya). Variasi ini
berbentuk mengajak anak-anak mahasiswa berkunjunga keperusahaan-perusahaan.
Dengan memanfaatkan pertemanan di kepengursan IMA Sulsel
(Indonesia Marketing Associaiton) chapter Sul-Sel, saya dapat dengan mudah
mengadakan semacam company visited (kunjungan perusahaan) kebeberapa
perusahaan.
Kali ini kami diterima di Graha Indosat cabang Makassar yang
terletak di jalan Slamet Riyadi No 4. Alhamdulillah pada hari selasa 30 April
2012, dan diterima langsung oleh petinggi-petinggi di Indosat untuk wilayah
Sulampapua. Ada Pak Guntur Barlian sebagai bosnya costumer care, ada pak reo
(bosnya VSAT), dan ada ibu Rosna (bosnya graham indosat Makassar).
Minat mahasiswa pun cukup banyak yang hadir kurang lebih 40
orang. Mereka adalah mahasiswa kelas pemasaran dasar tahun ini.
Indosat kita kenal sebagai salah satu perusahaan provider
penyedia jasa layanan telekomunikasi dan data di tanah air kedua terbesar
setelah Telkomsel. Dari pertemuan ini kami mendapat banyak sering pengetahuan
khususnya bagaimana Indosat me-maintance costumernya (relationship costumer). Indosat
sadar bahwa loyalitas pelanggan itu sangat penting untuk di bisnis telekomunikasi.
Oleh karena itu care dengan konsumen merupakan suatu hal yang tidak dapat
ditawar lagi. Ini dibuktikan bahwa begitu banyak nomor indosat yang dimiliki
oleh konsumennya yang telah lebih 10 tahun penggunannya.
Bisnis telekomunikasi saat ini melahirkan persaingan yang
sangat ketat. Dalam konteks bukum dr.Kim (blue
ocean strategy), pemain telekomuniikasi masuk perangkap dalam red ocean. Oleh
karena itu setiap provider harus kreatif mencari inovasi-inovasi layanan
telekomunikasi kepada nasabahnya diluar bisnis utama mereka sebagai
telekomunikasi.
Bagi
mahasiswa silahkan kembali belajar, mudah-mudahan masih banyak
perusahan-perusahaan yang mau menerima kunjungan kita di agenda pertemuan
berikutnya