Minggu, Januari 11, 2009

Intramuros Kota Sejarah di Manila










Hari minggu di Manila, tanggal 11 Januari sebelum balik ke tanah air. Saya menyempatkan diri jalan di sudut kota manila. 

Melihat keindahan Intramuros. Saya rasa tidak berbeda jauh dengan Indonesia, Di Filipina yang beribukota Manila memiliki kawasan atau tempat-tempat bersejarah. 

Saya beruntung bisa berkunjung ke Intramuros. Disana pemandangannya sebagian besar bentuk peninggalan sejarah dari negara Spanyol. Lihat saja  berupa gedung-gedung, yang menjadi warisan tersebut berarsitektur khas Spanyol. 

Dengan naik bendi atau kalesa (bahasa tagalog-red), ditemani pak kusir yang berbahasa Inggris atau Taglis, 

(saya ingat sewaktu masih kuliah di Jogja dulu tahun 1997-2004) Mereka pandai menjelaskan tentang sejarah dari kota ini. 

Suasananya pun sebenarnya mirip kalau berkunjung di kraton Ngajogjakarto. 

Di Intramuros kita dapat melihat berbagai bangunan kuno peninggalan Spanyol. Beberapa tempat terkenal seperti Fort Santiago, City Plaza, Casa Manila yang merupakan rumah tertua, hingga San Agustin Church yang telah masuk Situs Warisan Dunia UNESCO.

Saya cuman kagum betapa pemerintah disin merawat dengan baik segala yang ada dikota itu. Terlihat bersih, aman dan nyaman. 

Tidak ada komentar: